Skip to main content

Tips Hemat Membeli Game Original

(image source: jeshoots.com at unsplash)

Bermain game original mungkin menjadi hal yang cukup jarang di Indonesia mengingat harga Bluray PS4 saja bisa mencapai harga 600 ribu rupiah. Harganya akan turun kalau sudah lewat setahun atau dua tahun setelah perilisan. Kadang juga game yang sudah mahal-mahal di beli itu ternyata tidak sebagus ekspektasi kita ketika melihat promo-nya. Begitu ingin dijual lagi, harganya tidak bisa sama seperti Bluray yg masih baru. Tidak heran kalau kebanyakan gamer yang masih pelajar, memilih untuk membeli game bajakan.

Adakah cara-cara hemat untuk bermain game original untuk tetap mendukung industri yang kita cintai ini? Berikut ini akan saya bagikan tips-tips hemat agar kamu tetap bisa memainkan game original kesukaan kamu.

JANGAN BURU-BURU MEMBELI GAME YANG BARU RILIS

Yap! Jangan terbawa oleh hype-train. Game PS4 misalnya, baru dirilis sudah dibandrol harga 600-700 ribu rupiah untuk versi reguler dan special edition-nya bisa sampai 2 juta rupiah. Game jaman sekarang juga masih punya banyak bug di awal perilisan, kadang kita harus menunggu update terbarunya sekitar satu-dua minggu setelah beredar di pasaran. Ada baiknya kamu bersabar untuk melihat juga review game tersebut, karena sering kali final product sangat jauh dari promo-nya. Contohnya game-game keluaran Activision, EA, dan Ubisoft.  

PILIH GAME YANG BENAR-BENAR KAMU INGIN MAINKAN

Jangan gelap mata guys. Lebih baik pastikan dulu game apa yg ingin kamu mainkan hingga tamat, game yg benar-benar menarik perhatianmu. Ini juga akan membantu kamu mengurungi tumpukan game yg ngga tamat dan cuma ngumpul di pojok kamar mengumpulkan debu. Selain itu, kamu jadi tidak usah ribet untuk jual-jual lagi game yg kurang disukai.

Ada baiknya juga kamu mengikuti berita-berita terbaru untuk gaming. Selain bisa melihat game-game baru yang kemungkinan menarik, kamu jadi punya kesempatan untuk menabung sebelum game tersebut rilis.

PENTINGNYA MELIHAT REVIEW GAME

Ada kalanya kita perlu mendengarkan opini orang, hanya untuk melihat apakah game tersebut benar-benar game yg kita inginkan. Tidak perlu dijadikan patokan sepenuhnya, tapi kamu bisa mendengarkan review orang lain sebagai bahan pertimbangan. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa datang ke toko dan mencoba game tersebut.

CEK HARGA

Tidak ada salahnya melihat semua toko online mau pun fisik yang ada untuk membandingkan harga. Kalau bisa dapat yang sedikit lebih murah kenapa tidak? Biasanya juga ada promosi untuk console (bagi yang belum punya) dipaketkan dengan game, atau game yang dipaketkan dengan merchandise lainnya. Tips ini bisa kamu gunakan juga untuk yang ingin membeli banyak game sekaligus. Tapi saya pribadi tidak menyarankan untuk menumpuk game, karena nantinya tidak akan diselesaikan.

GAME SECOND

Masih banyak orang di luar sana yang langsung menjual game yg sudah selesai dimainkan, ada juga yg ternyata tidak cocok dan langsung dijual. Kamu bisa menjadikan game second sebagai solusi. Selain harganya lebih murah, ketersediaan barang juga bervariasi, biasanya game baru juga ada di pasar second. Tapi kamu juga harus berhati-hati dengan penipuan, kalau bisa ajak penjual untuk menggunakan jasa penengah seperti Bukalapak atau Tokopedia.


Berikut tadi adalah tips-tips dari saya untuk membantu kamu yg mungkin kebingungan bagaimana biar tetap bisa berhemat walau membeli game-game original. Game original ngga bikin kantung kosong kok, kalau tahu triknya. Buat kamu yang punya tips lain, jangan malu untuk tinggalkan komentar di bawah.


KYRIEX.



Comments

Popular posts from this blog

GOT Fan Theory: Jon Snow BUKAN Azor Ahai? ini Alasannya

Akhirnya season 7 dari Game of Thrones telah selesai dan kita harus menunggu lagi untuk season selanjutnya. Tapi saya di sini bukan untuk mereview season 7 GOT, melainkan membagikan teori saya untuk series yang menarik ini. Maklum guys...fans baru. Masih sangat hype. Anget. lol.
Anyway, saya mungkin akan mereferensi episode dari season sebelumnya, jadi yg belum menonton dan tidak ingin terkena spoiler, sebaiknya menyingkir dulu. Nanti kembali lagi setelah kalian sudah menonton dan ingin mendengar teori saya selagi menunggu season GOT selanjutnya.

Okeh. Kita mulai ya. Jadi seperti yg para penonton sudah tahu, GOT adalah cerita fantasi yang melibatkan, naga, zombie, dan elemen-elemen fantasi lainnya, salah satunya adalah ramalan. Ada ramalan yang paling di kenal di serial ini, yaitu "the prince (or princess) that was promised" atau disebut juga sebagai Azor Ahai. Tarik balik ke masa lalu, dalam sejarah GOT sebelum cerita series ini di mulai, musim dingin datang disertai malam …

Review Film Wonder Woman: Bagus atau Mengecewakan?

Wonder Woman guys, akhirnya tayang... Pasti banyak dari kalian yang sudah menonton. Mungkin ada juga yang masih trauma dengan film DCEU (DC Extended Universe) sebelumnya, Batman v Superman dan Suicide Squad. Memang, Suicide Squad yang kemarin benar-benar mengecewakan, tapi BvS saya rasa memang agak mixed review. Dan sekarang Wonder Woman apakah bisa menjadi penyelamat film DCU sebelum kita masuk ke Justice League?

Kisah film ini mengambil setting yang jauh ke belakang, ini adalah film perkenalan kita para penonton dengan karakter Wonder Woman atau Diana Prince (Gal Gadot). Di sebuah pulau terpencil, tertutup dari dunia luar, Diana dibesarkan oleh ibu-nya. Mereka adalah para pejuang Amazon, bertugas untuk menghancurkan Dewa Perang, Ares. Tapi manusia sudah semakin jahat dan terpengaruh oleh nafsu serta keburukan, sehingga ibu Diana tidak memperbolehkan anaknya untuk keluar dari pulau itu, apa lagi belajar bertarung. Pada akhirnya Diana dilatih diam-diam oleh Antiope, hingga ia menjadi …

Review Film Anti Matter (2017)

Sci-fi dan suspense? Ide yang menarik. Walau kedua genre ini sering diangkat dalam film, namun tidak banyak yang sukses mengeksekusinya. Sebuah film semi-indie, Anti Matter, bisa dibilang cukup sukses mengeksekusi gabungan kedua genre tersebut. Sebenarnya saya tidak yakin bila film ini sepenuhnya film Indie, karena kualitasnya cukup pro, tapi tidak terlalu pro untuk dibilang film produksi studio ternama.
Ana dan kekasihnya, Nate, adalah mahasiswa Phd di Oxford yang sedang melakukan eksperimen untuk menciptakan wormhole, mereka sangat dekat dengan kesuksesan mereka, namun terhambat oleh dana. Liv, seorang ahli komputer sekaligus ilmuwan, diundang untuk masuk dalam percobaan mereka. Liv membantu Ana dan Nate mengumpulkan dana untuk percobaan tersebut dengan menciptakan worm komputer untuk mengumpulkan sepeser uang dari setiap komputer yang terinfeksi demi mendanai eksperimen tersebut. Eksperimen tersebut semakin berkembang dan mereka mulai melihat banyak kemajuan.
Percobaan yang awalny…