Skip to main content

GOT Fan Theory: Jon Snow BUKAN Azor Ahai? ini Alasannya


Akhirnya season 7 dari Game of Thrones telah selesai dan kita harus menunggu lagi untuk season selanjutnya. Tapi saya di sini bukan untuk mereview season 7 GOT, melainkan membagikan teori saya untuk series yang menarik ini. Maklum guys...fans baru. Masih sangat hype. Anget. lol.

Anyway, saya mungkin akan mereferensi episode dari season sebelumnya, jadi yg belum menonton dan tidak ingin terkena spoiler, sebaiknya menyingkir dulu. Nanti kembali lagi setelah kalian sudah menonton dan ingin mendengar teori saya selagi menunggu season GOT selanjutnya.


Okeh. Kita mulai ya.
Jadi seperti yg para penonton sudah tahu, GOT adalah cerita fantasi yang melibatkan, naga, zombie, dan elemen-elemen fantasi lainnya, salah satunya adalah ramalan. Ada ramalan yang paling di kenal di serial ini, yaitu "the prince (or princess) that was promised" atau disebut juga sebagai Azor Ahai. Tarik balik ke masa lalu, dalam sejarah GOT sebelum cerita series ini di mulai, musim dingin datang disertai malam yang panjang hingga generasi berselang. Dalam malam yg panjang itu White Walkers membunuh banyak orang dan menghabisi nyawa manusia. Orang-orang hidup dalam ketakutan, sampai kemudian seorang pahlawan lahir, AZOR AHAI, membawa pedang yang menyala dengan api, menyelamatkan Westeros.

Semakin dekat dengan season terakhir ini, semakin terbuka pula misteri-misteri yang masih meliputi cerita GOT, salah satunya adalah Azor Ahai. Banyak fans yang membuat teori bahwa JON SNOW adalah pahlawan yang dijanjikan untuk menyelamatkan Westeros dari Night King. Ada juga yang membuat teori bahwa SER JORAH MORMONT dan DAENERYS TARGARYEN bisa jadi juga Azor Ahai. Tapi, bukan kah terlalu obvious untuk George R. R. Martin membuat JON SNOW sebagai Azor Ahai. Menurut saya, Jon bukan Azor Ahai, why?

RAMALAN TENGANG AZOR AHAI

Pedang Azor Ahai yang menyala dengan api itu disebut dengan Lightbringer.  Bukan Light Saber guys, unfortunately. Pedang itu ia tempa sendiri,

  • Pertama, didinginkan dengan air, namun hancur. (water)
  • Kedua, didinginkan dengan jantung singa, namun hancur. (lion)
  • Terakhir, didinginkan dengan jantung istrinya sendiri, dan akhirnya berhasil. (love)
Tiga poin itu menjadi acuan pertama saya.


Setelah malam panjang dan musim dingin berlalu, Azor Ahai diramalkan akan terlahir kembali, karena musim dingin dan malam panjang yg penuh teror itu akan kembali juga. Tanda saat Azor Ahai kembali diantaranya adalah:
  • Keturunan atau darah naga (blood of the dragon)
  • Lahir dibawah komet merah (bleeding star)
  • Diantara/dikerumuni oleh garam (amidst salt)
  • Diantara/dikerumuni oleh asap (amidst smoke)
  • Diikuti oleh Naga (follows by Dragon)
Catatan tambahan, ada yg bilang "the dragon must have 3 heads" (naga nya harus memiliki tiga kepala) dan Rhaegal Targaryen yakin kalau Azor Ahai lah yang akan menjadi "the song of ice and fire" (senandung api dan es). Tapi saya agak ragu pada dua poin ini karena tidak benar-benar disebutkan oleh Melissandre ketika membahas soal ramalan ini. Tapi ya, untuk catatan tambahan saja.

PENGLIHATAN DANY DI "THE HOUSE OF THE UNDYING"

Sebelum masuk ke teori, saya perlu mereferensikan juga tentang pengihatan Dany di The House of Undying. Dalam serial tv, tidak dijelaskan secara rinci apa yang didapatkan oleh Dany. Dalam buku, Dany diberi ramalan tentang tiga hal tentang tiga hal lagi yang akan datang dalam perjalanannya.
  1. Three fires you must light, one for life, one for death, and one to love.
  2. Three mounts you must ride, one for bed, one for dread, and one to love. 
  3. Three treasons you will know, one for blood, one for gold, and one to love.
Saya tidak translate karena bikin bingung nanti. Jadi, ya, semoga kalian mengerti Bahasa Inggris. 

Okeh, lanjut.

Untuk ramalan pertama tentang Three Fire yang harus dinyalakan, 

for life
  1. for life = ini bisa jadi ketika Dany berhasil menetaskan tiga telur naga ketika membakar jasad Khal Drogo dan membunuh Mirri (dukun yang melakukan blood magic untuk membunuh Khal Drogo dan bayi dalam kandungan Dany)
  2. for death = ini bisa jadi untuk Mirri dan musuh-musuh Dany selanjutnya.
  3. to love = ini ketika Dany datang menyelamatkan Jon Snow di episode 6 season 7 kemarin.
to love

Lalu yang kedua, Three Mounts to Ride 
  1. for bed = ini bisa jadi ketika Dany menikah dengan Khal Drogo. Menunggangi kuda melewati bukit untuk dinikahkan dengan Khal Drogo.
  2. for dread = yang paling jelas ini mungkin tentang menunggai Drogon, untuk melawan musuh-musuhnya dan menebar ketakutan.
  3. to love = bisa jadi untuk menyelamatkan Jon Snow dari White Walkers.
for dread

Kemudian yang ketiga. Tentang Three Treasons yang akan dialami oleh Dany. Frasa "YOU WILL KNOW" di sini bisa diartikan juga kalau Dany yang akan menjadi pelaku, jadi antara Dany akan dikhianati, atau Dany akan berkhianat.

  1. for blood = bila yang dimaksud adalah "Dany dikhianati" maka yang satu ini adalah tentang Mirri, yg mengkhianati Dany dan membunuh Khal Drogo serta anak dalam kandungannya dengan melakukan blood magic. Tapi bila yg dimaksud adalah "Dany mengkhianati" maka bisa jadi ini ketika Viserys dibunuh oleh Khal Drogo di season awal, dan Dany membiarkannya terjadi. Jadi Dany mengkhianati kakak sedarah (kandung) nya sendiri.
  2. for gold = bila yang dimaksud adalah "Dany dikhianati" ramalan ini mungkin bermaksud tentang Ser Jorah, yg ternyata mengkhianati Dany dengan menjadi mata-mata untuk Varys di season awal. Tapi motivasi Ser Jorah masih dipertanyakan, karena dalam serial tv mau pun dalam buku, Ser Jorah mengkhianati Dany bukan untuk uang, melainkan untuk bisa kembali ke Westeros, karena dia diasingkan oleh keluarganya setelah ketahuan menjual budak. Tapi, bila yang dimaksud adalah "Dany mengkhianati" maka interpretasinya lebih jelas, ketika Dany membeli pasukan Unsullied dari para Master of Astapor. Yang awalnya Dany setuju memberikan naga-nya untuk ditukar dengan pasukan Unsullied rupanya ia gunakan untuk membakar dan membunuh para Master of Astapor.
  3. for LOVE = Jon Snow?
for gold

DAENERYS TERLAHIR KEMBALI DISERTAI TANDA-TANDA TENTANG KELAHIRAN AZOR AHAI

Ingat legenda di atas yang telah saya catat tentang kelahiran Azor Ahai? Bahwa ada tanda bila Azor Ahai telah terlahir kembali. Mari kita periksa checklist kita:

Keturunan atau darah naga (blood of the dragon)

Sudah jelas bahwa Dany adalah keturunan dari Targaryen. Dia memiliki darah naga dalam dirinya. Jadi sepertinya yang ini agak obvious. Banyak juga orang yang tahu tentang ramalan ini yakin bahwa Azor Ahai adalah seorang Targaryen.

Lahir dibawah komet merah (bleeding star)

Ketika Dany terlahir kembali bersamaan dengan menetasnya ketiga telur naga di season awal GOT, kita melihat penampakan sebuah komet merah yg bisa jadi melambangkan "bleeding star" dalam ramalan ini.

bleeding star
Kalau makna "lahir" juga bisa berarti terlahir kembali, maka akan sangat cocok dengan kejadian Dany terlahir kembali bersama juga dengan 3 naga-nya, Drogon, Viserys, dan Rheagal.

Diantara/dikerumuni oleh garam (amidst salt)


Ada yang mengartikan ini sebagai laut. Karena laut mengandung garam. Laut yang disebrangi oleh Dany untuk bertemu Khal Drogo.


credit to winteriscoming.net


Tapi saya rasa, poin bisa jadi mengacu pada "garam" untuk pengawet mayat yang digunakan pada masa medieval. Jadi, karena Khal Drogo sudah mati, pasti garam digunakan untuk mengawetkan jasadnya. SO yeah....salty.

Diantara/dikerumuni oleh asap (amidst smoke)

Pagi ketika malamnya Dany membakar dirinya bersama dengan jasad Khal Drogo dan membakar Mirri hidup-hidup, Dany dikelilingi oleh asap dan posisi duduknya telanjang seperti janin dalam kandungan yang bisa jadi menjadi simbol untuk terlahir kembali.




Diikuti oleh Naga (Follows by Dragon)

Di saat Dany terlahir kembali itu, dia diikuti oleh 3 naga yang kemudian ia anggap seperti anak-anaknya sendiri. So yeah, pretty obvious. Perlu diketahui juga, bahwa di serial tv nya juga sering disebut bahwa kelahiran ketiga naga milik Dany juga menandai lahirnya magic di dunia GOT. Kalau kalian ingat, ketika Dany dijebak untuk datang ke House of The Undying, alasan utama naga itu dicuri adalah untuk menyerap kekuatan magis dari Dany dan anak-anak nya.

DAENERYS DAN LEGENDA AZOR AHAI MENEMPA LIGHTBRINGER

Ketika Azor Ahai menempa pedangnya yang pertama, lalu dipadatkan dengan air, namun pedang itu hancur. Kemudian pedang kedua, ia padatkan dengan jantung singa, namun pedang itu hancur. Hingga akhirnya pedang ketiga, ia padatkan dengan jantung istrinya sendiri, Nissa Nissa, dan akhirnya pedang itu berhasil dibuat dan disebut LIGHTBRINGER. Dari cerita tersebut, saya tidak mau terkecoh dan mengatakan bahwa Lightbringer adalah sebuah pedang dalam artian yang kita kenal. Bisa jadi Lightbringer bukan pedang seperti senjata yang terlihat oleh mata, namun dalam artian yang lain. Mari kita simpulkan saja tiga elemen dalam legenda tersebut yang digunakan untuk memadatkan senjata sakti itu:
  1. air (WATER)
  2. singa (LION)
  3. jantung org yg dicintai (LOVE)
Ada teori yang mengatakan bahwa Lightbringer sebenarnya adalah sekelompok pasukan, atau seseorang. Mungkin Tyrion Lannister?

Dalam season 7 kemarin, Dany membawa seluruh pasukannya, The Unsullied, Armada Greyjoy, dan Dothoraki. Ingat kan rencana Tyrion untuk menaklukkan Westeros dengan cara yang tidak barbar untuk membuktikan pada Cersei bahwa Dany bukan orang gila yang ia kira? 

  1. Rencana pertama, membawa pasukan dari Drone menyebrang ke Westeros dengan Armada Greyjoy. Namun sayangnya, rencana mereka digagalkan oleh Euron, yang entah darimana tiba-tiba menyerbu Yara, Theon, beserta pasukan mereka di laut, on WATER. Sayangnya, Armada Greyjoy harus mundur, Theon tidak berani menyelamatkan Yara dari Euron, dan akhirnya kembali ke Stormborn untuk meminta pertolongan dari Dany. 
  2. Rencana kedua, menyerang Castely Rock yang menjadi pusat kekuatan dari House of Lannister. Boy oh boy, their sigil is happens to be a LION. Is this a coincidence? I DONT THINK SO. Walau rencana mereka berhasil, namun Dany kehilangan House of Tyrell yang pada hari yang sama diserbu oleh pasukan Cersei dan House of Tarly.
  3. LOVE. Di akhir episode 7 yang juga menjadi episode terakhir GOT, kita akhirnya melihat bahwa Dany dan Jon Snow saling mencintai. Saya sangat yakin, Jon Snow akan menjadi tumbal terakhir untuk membuat Lightbringer sempurna. Okeh lanjut aja di bawah ya...
Kalau memang benar, Jon akan mati di tangan Dany agar Dany bisa menyelamatkan Westeros dan umat manusia, maka ramalan tentang 3 pengkhianatan tadi juga akan digenapi. 
Three treasons you will know, one for blood, one for gold, and one to LOVE.
Sejauh ini, yang cocok dengan maksud 3 pengkhianatan adalah Dany sebagai pengkhianat, bukan korban. Jadi kalau memang benar, Dany akan mengkhianati Jon.


Dany dalam episode terakhir season 7 jelas belum tahu bahwa Jon Snow ternyata adalah keturunan Targaryen, anak dari kakaknya, Rhaegal. Artinya Jon Snow adalah keponakannya sendiri. Nama asli Jon Snow juga sudah diberitahu secara resmi di episode 7, yaitu Aegon TargaryenI could only imagine how Dany will react if she knows Jon Snow is the rightful heir of the Iron Throne that she thought was hers. Mungkin yang membunuh Jon bukan Dany, tapi pasukan Dany. Seperti yang sudah dijabarkan di tiga poin di atas, kemungkinan besar "Lightbringer" adalah pasukan milik Dany, bukan senjata seperti pedang. Besar kemungkinan juga, bahwa Tyrion adalah Lightbringer, mengingat dia yang membuat strategi perang untuk mengalahkan Cersei. Mungkin Tyrion akan tahu dan membunuh Jon? Saya juga tidak berani berspekulasi, karena patokan yang saya punya hanyalah ramalan dari buku dan serial tv nya saja. 

YOU DON'T BELIEVE ME? SURE, HERE ARE THINGS TO CONSIDER...

Banyak orang yang mengira kalau GOT akan mempunyai ending yang indah. Semua orang akan bersatu untuk mengalahkan Night King, dan setelah Night King dan White walkers berhasil dikalahkan, mereka akan hidup bahagia sampai selama-lamanya.... but,it's GAME OF THRONES we are talking about...


GRRM dalam sebuah interview mengatakan, bahwa akhir dari kisah ini akan bitter sweet. Pahit dan manis, guys. Terlalu mudah rasanya untuk berharap bahwa kisah GOT akan memiliki happy ending. Banyak yang yakin Jon sebagai Azor Ahai, karena Jon lahir kembali, bangkit dari kematian, tapi dimalam kebangkitannya, tidak ada tanda-tanda seperti bleeding star, amidst salt and smoke, etc.... dalam ramalan tentang lahirnya Azor Ahai. Kalau memang kalian mengartikan konsep kelahiran Azor Ahai ini sebagai "terlahir kembali" maka  orang yang paling cocok dengan checklist poin-poin ramalan di atas tadi masih Dany.

Saya rasa peran Jon memang menjadi pewaris tahta resmi, namun dia bukan pahlawan yang dijanjikan. Sure, you can still call him a hero, kalau teori saya benar terjadi, kalau Jon Snow akan mati di tangan Dany, karena tanpa dia, ramalan tentang Lightbringer dan Azor Ahai tidak akan sempurna. Jadi Jon itu seperti....bumbu pelengkap, Aji no Moto. Mungkin bila dibilang bahwa endingnya akan menjadi bitter sweet adalah kematian Jon Snow, dan karamnya kapal Jonaerys milik Melissandre...

Sekian teori GOT dari saya. Bila ada salah-salah kata atau informasi yang kurang akurat, saya mohon maaf. Sekali lagi ini baru teori, bisa jadi betul, bisa jadi salah. Dan saya mau minta tolong, kalau sudah baca, jangan dicopy-paste tanpa credit untuk blog saya. Capek loh nulisnya. Kalian ngga kasian sama saya? 

KYRIEX.

Comments

Popular posts from this blog

Review Film Wonder Woman: Bagus atau Mengecewakan?

Wonder Woman guys, akhirnya tayang... Pasti banyak dari kalian yang sudah menonton. Mungkin ada juga yang masih trauma dengan film DCEU (DC Extended Universe) sebelumnya, Batman v Superman dan Suicide Squad. Memang, Suicide Squad yang kemarin benar-benar mengecewakan, tapi BvS saya rasa memang agak mixed review. Dan sekarang Wonder Woman apakah bisa menjadi penyelamat film DCU sebelum kita masuk ke Justice League?

Kisah film ini mengambil setting yang jauh ke belakang, ini adalah film perkenalan kita para penonton dengan karakter Wonder Woman atau Diana Prince (Gal Gadot). Di sebuah pulau terpencil, tertutup dari dunia luar, Diana dibesarkan oleh ibu-nya. Mereka adalah para pejuang Amazon, bertugas untuk menghancurkan Dewa Perang, Ares. Tapi manusia sudah semakin jahat dan terpengaruh oleh nafsu serta keburukan, sehingga ibu Diana tidak memperbolehkan anaknya untuk keluar dari pulau itu, apa lagi belajar bertarung. Pada akhirnya Diana dilatih diam-diam oleh Antiope, hingga ia menjadi …

Review Film Anti Matter (2017)

Sci-fi dan suspense? Ide yang menarik. Walau kedua genre ini sering diangkat dalam film, namun tidak banyak yang sukses mengeksekusinya. Sebuah film semi-indie, Anti Matter, bisa dibilang cukup sukses mengeksekusi gabungan kedua genre tersebut. Sebenarnya saya tidak yakin bila film ini sepenuhnya film Indie, karena kualitasnya cukup pro, tapi tidak terlalu pro untuk dibilang film produksi studio ternama.
Ana dan kekasihnya, Nate, adalah mahasiswa Phd di Oxford yang sedang melakukan eksperimen untuk menciptakan wormhole, mereka sangat dekat dengan kesuksesan mereka, namun terhambat oleh dana. Liv, seorang ahli komputer sekaligus ilmuwan, diundang untuk masuk dalam percobaan mereka. Liv membantu Ana dan Nate mengumpulkan dana untuk percobaan tersebut dengan menciptakan worm komputer untuk mengumpulkan sepeser uang dari setiap komputer yang terinfeksi demi mendanai eksperimen tersebut. Eksperimen tersebut semakin berkembang dan mereka mulai melihat banyak kemajuan.
Percobaan yang awalny…